Mesti Za Pupuk Amonium Sulfate

pupuk-mesti-zapupuk-mesti-za

Pupuk Mesti ZA

Mesti Za adalah pupuk kimia yang mengandung amonium sulfat dan telah dirancang untuk memberikan tambahan unsur hara nitrogen dan belerang pada tanaman, nama ZA sendiri merupakan singkatan dari Zwavezure Ammoniak yang merupakan istilah dari bahasa belanda.

Pupuk Za Memiliki bentuk butiran kristal yang mirip garam dan terasa asin di lidah, pupuk juga mudah menyerap air walaupun tidak sekuat pupuk urea, karena ion sulfat sangat mudah larud dalam air sedangkan ion amonium lebih lemah. Pupuk ini jadi memiliki potensi untuk menurunkan PH tanah sehingga sangat cocok jika digunakan pada tanah alkalin.

Karena mengandung belerang dan nitrogen, kandungan nitrogennya hanya separuh dari urea, sehingga pemberiannya biasanya agar sebagai sumber pemasok hara belerang pada tanah – tanah yang tidak memiliki unsur ini, namun meskipun begitu pupuk ini juga menjadi pengganti wajib urea sebagai pemasok nitrogen tanaman tebu, karena tebu akan keracunan jika menggunakan urea.

Kandungan Pupuk ZA

Mengutip dari SNI 02-1760-2005, pupuk za memiliki persyaratan yang wajib di penuhi berdasarkan kandungan unsur haranya yaitu :

  • N(Amonium) = 21%
  • Sulfur (S) = 24%
  • Kelembaban = <3%
  • Kemasan = 50 kg / karung dengan iner

standar ini merupakan program pemerintah untuk mengembangkan industri pupuk serta perlindungan terhadap produsen dan konsumen pupuk, dengan menjamin mutu produk yang beredar didalam negeri.

Baca Juga : Mestikali Pupuk KCL / MOP

Manfaat Pupuk ZA Pada Tanaman

– Membantu membentuk butir hijau daun sehingga daun kelihatan lebih hijau.
– Menambah kandungan protein dan vitamin hasil panen.
– Meningkatkan kuantitas hasil panen pada tanaman padi
– Memiliki peran penting saat proses pembulatan zat gula.
– Memperbaiki warna, aroma dan kelenturan daun tembakau.
– Memperbaiki aroma dan mengurangi penyusutan selama penyimpangan dan dapat memperbesar umbi bawang merah dan bawang putih.

Gejala kekurangan unsur belerang

– Tanaman cenderung kurus, panjang dan kerdil
– Pertumbuhan dan kematangan terlambat terutama pada tanaman biji – bijian.
– Pada tanaman kacang pembentukan bintil akar akan berkurang.
– Buah – buahan tidak matang dengan sempurna dan warnanya menjadi hijau terang.
– Timbul bintik – bintik pada daun seperti pada kentang

Pupuk Za sendiri biasanya banyak juga digunakan sebagai pupuk dasar dan susulan, selain itu karena senyawa kimianya stabil pupuk ini bisa disimpan dalam waktu yang lama dan dapat dicampur dengan pupuk lainnya.

Pupuk ini juga aman digunakan pada semua jenis tanaman serta bisa memperbaiki kualitas dan meningkatkan produksi maupun nilai gizi hasil panen karena peningkatan kadar proten pati, padi, gula, lemak, vitamin dan lain lain.

Untuk melakukan pemesanan terhadap pupuk za bisa dilakukan melalui pupukdanpestisida.com, silahkan hubungi kontak whatsapp kami dibawah ini untuk mendapatkan informasi harga terbaru pupuk mesti za dan ketersediaan stock terbaru kami.

Whatsapp : 082367707217

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.